Akomodir Harapan Masyarakat, LAZ DASI NTB Siapkan Rumah Singgah

MATARAM – LAZ DASI NTB terus memberikan manfaat bagi masyarakat di NTB. Tahun 2021 ini, LAZ DASI NTB meresmikan rumah singgah bagi pasien yang berada di luar Kota Mataram dan menambah satu unit mobil ambulance. Lokasi rumah singgah cukup dekat dengan Rumah Sakit Umum Provinsi NTB.

Ketua Yayasan LAZ DASI NTB, M. Firad, ST. saat memberikan sambutan pada acara launching rumah singgah di kelurahan Babakan Kamis (24/6) mengatakan, keberadaan rumah singgah merupakan permintaan dari pasien yang berasal dari luar Kota Mataram. Selain itu, hadirnya rumah singgah ini juga harapan dari pada donatur. “Rumah singgah ini bisa dimanfaatkan oleh siapa saja yang termasuk kaum duafa. Karena ini kami niatkan dan seluruh donatur kami kemanfaatannya adalah untuk kaum duafa,” katanya

Dia menambahkan, selain rumah singgah fasilitas yang dimiliki saat ini yaitu ambulan sebanyak tujuh unit. Namun yang saat ini masih bisa beroperasi dengan normal hanya enam unit.  “Kami sudah memiliki sekitar tujuh unit ambulan. Satu unit sudah tidak beroperasi sebagai ambulan. ,”ungkapnya, Untuk diketahui, LAZ DASI NTB sudah disahkan menjadi salah satu lembaga amil zakat resmi sejak tahun 2016 lalu. Saat ini hanya Provinsi NTB yang sudah memiliki LAZ DASI. Keberadaan LAZ DASI sudah tersebar di semua kabupaten/kota di NTB kecuali Kota Mataram. “Kita lagi carikan tempatnya di Kota Mataram,”katanya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Walikota Mataram H Mohan Roliskana S. Sos MH mengapresiasi peresmian rumah singgah yang dilakukan oleh LAZ DASI NTB dan kiprah yang sudah dilakukan. LAZ DASI dianggap sudah menunjukkan dedikasi dan komitmennya dalam memberikan manfaat kepada masyarakat. “Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada LAZ DASI yang sudah menjadi mitra pemerintah, membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,”ujarnya, Diakuinya, selama ini pemerintah memiliki keterbatasan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Namun dengan adanya lembaga sosial dan kelompok masyarakat bisa membantu masyarakat. Sehingga bisa secara bersama – sama dalam memberikan pelayanan.

“Hari  ini disediakan rumah singgah. Rumah singgah ini disiapkan untuk warga masyarakat kita yang berada di luar Kota Mataram yang akan berobat ke Mataram. Ini menarik sekali. Karena memang salah satu rujukan RSUD Kota Mataram dari beberapa rumah sakit di Provinsi NTB,”katanya, Menurutnya, keberadaan rumah singgah yang disiapkan oleh LAZ DASI NTB ini akan menjadi solusi untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada warga yang datang ke Mataram untuk berobat. “Menariknya itu karena inisiatif didahului oleh LAZ DASI NTB. Kami berharap kabupaten/kota bisa menyiapkan hal serupa seperti ini, sehingga ada tempat mereka tinggal sementara,”ujarnya.

Ia berharap, rumah singgah ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal oleh masyarakat. Selain itu, LAZ DASI NTB diminta untuk istiqomah dalam memberikan kemanfaatan seperti saat ini. Karena rumah singgah ini dianggap merupakan kebutuhan masyarakat. Pemkot Mataram akan mengupayakan untuk bisa membantu kebutuhan rumah singgah. “Nanti kita lihat apa yang kita bisa back up. Karena tadi disana ada Kepala Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan juga hadir. Tentu nanti mereka bisa melihat apa yang bisa mereka support. Karena ini untuk kebutuhan bersama,”pungkasnya.(*)

LAZ DASI NTB

Lembaga Filantropi Amil Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf dan Dana Kemanusian untuk kebaikan ummat.

GALERI

VIDEO