081915969113 / 081237598880 info@dasintb.org

Bencana banjir bandang siang ini, Rabu, 21 Desember 2016 melanda sejumlah wilayah di Bima. Berbagai wilayah di Kabupaten Bima dan Kota Bima diterjang banjir. Banjir merendam ribuan rumah warga, memutus jalan dan jembatan serta mematikan komunikasi sejumlah operator seluler. Banjir menyebabkan jembatan negara penghubung Kota Bima dan Lampe terputus. Derasnya volume air akibat banjir membuat jembatan tersebut terputus. Tidak hanya jembatan, jalan negara yang menghubungkan Kota Bima dengan Kecamatan Wawo, Sape, dan Lambu dikepung banjir setinggi leher orang dewasa.

Banjir yang menggenangi enam desa di Kecamatan Woha, Selasa, 31 Januari 2017, merendam sebanyak 1.215 rumah serta 150 hektar areal persawahan yang ditanami tanaman padi. Demikian data dari Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, Rabu, 1 Februari 2017,

“Untuk sementara kerugian dan kerugian secara materi kami masih berkoordinasi dengan SKPD terkait,” kata Kepala BPBD, H. Taufik Rusdy kepada Suara NTB.

Meski rumah mereka terendam genangan luapan air, Taufik mengaku warga tidak ada yang mengungsi. Mereka tetap bertahan sembari menunggu surutnya air banjir kiriman tersebut. Sumber; suarantb.com

Setelah info kami dapatkan dan merangkum kebutuhan darurat warga Kota Bima, LAZ DASI NTB bersama Lombok Post mengirim 4 armada ambulance mengangkut logistik dan Relawan. Saat terjadi banjir ke dua yang merupakan banjir susulan ternyata adalah banjir yang lebih parah menghantam rumah warga, setelah banjir pertama sedang warga sedang melakukan recovery dan pembersihan rumah serta perabotan tersisa yang akhirnya ludes terbawa arus banjir ke dua yang terjadi sehari setelah banjir pertama.

Sejak tanggal 22 Desember 2016 LAZ DASI NTB sampai hari ini Rabu, 22 Februari 2017 Relawan masih berada di Kota Bima dengan kekuatan berlapis. Upaya Dasi NTB untuk mengujudkan Bima Bangkit mulai dari Program Trauma Healing, Pembagian paket sembako, Pemeriksaan kesehatan, Evakuasi dan Recovery.
agenda kemanusian diatas dapat terlaksana karena kepedulian kita bersama Terimkasih kepada semua Donatur dan Relawan yang sudah bersama kami dalam gerakan kemanusian ini.