081915969113 / 081237598880 info@dasintb.org

DASI NTB dan Rumah Keluarga Indonesia Kota Mataram resmi menjadi Lembaga Amil Zakat (LAZ) tingkat Provinsi NTB.

Peresmian ini ditandai dengan pengukuhan yang dilakukan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), kemarin (31/7).

Pengukuhan dilakukan saat kegiatan bedah buku Wonderful Family merajut keindahan keluarga yang digelar DASI NTB dan Lombok Post.

Hadir dalam bedah buku yang digelar di Hotel Lombok Plaza itu, di antaranya penulis buku, Cahyadi Takariawan.

Direktur DASI NTB Muhammad Firad mengatakan, sebelum pengukuhan, DASI NTB mengajukan surat ke Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (BAZNAS RI) untuk diverifikasi agar DASI NTB bisa menjadi LAZ.

“Alhamdulillah disetujui. Dan selanjutnya diverifikasi tim dari Kemenag RI,” kata Firad.

Hasil keputusan Kemenag, DASI NTB  menjadi salah satu di antara tiga lembaga amil zakat di seluruh Indonesia yang dinyatakan lulus sebagai LAZ tingkat provinsi.

“Undang-undang tentang LAZ yang baru mengharuskan pengelola zakat memiliki izin secara legal formal,” katanya.

Sebagai lembaga di tingkat lokal pertama yang mengajukan verifikasi sebagai LAZ, DASI NTB bersyukur karena DASI NTB adalah hasil karya putra putri terbaik NTB ini lulus verifikasi.

“Setelah lulus verifikasi ini, kami akan lebih giat lagi berperan aktif bersama pemerintah daerah dan semua pihak dalam mengentaskan kemiskinan dengan mendayagunakan dana ZISWAF,” tambah Firad.

Sementara itu, dalam bedah buku yang digelar di Hotel Lombok Plaza itu, juga digelar pengukuhan tiga konselor keluarga rumah keluarga Indonesia untuk wilayah NTB.

“Diharapkan dengan hal ini dapat membantu masyarakat dalam memecahkan problematika rumah tangga,” harap Firad.